Sering merasa gak puas dengan barang-barang yang kamu beli secara online? Jangan kesal atau sedih dulu, kamu bisa mendapat uang yang sudah terlanjur dibelanjakan. Bukan dengan refund ke penjual, melainkan menjual kembali barang yang kamu beli.

Hal sama berlaku juga bagi tas, baju, atau apa pun yang sudah tak kamu kehendaki keberadaannya. Daripada dibuang, lebih baik jual lagi saja ke 7 situs transaksi jual beli barang preloved alias bekas.

1. Carousell

Carousell masih jadi marketplaceyang paling banyak dituju konsumen, khususnya pemburu alat make-up dan fashion wanita. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini meluncurkan aplikasi bagi pengguna iOS atau Android untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

Desain template yang sederhana dan mudah dimengerti membuat Carousell banyak digemari. Fiturnya pun lengkap, memudahkan akses kita berjualan. Misalnya seperti memotret barang, mengedit hasil foto, hingga mengunggah foto produk dalam satu aplikasi saja.

2. Prelo

Awalnya, Prelo adalahmarketplaceyang menjual barang khusus wanita. Tapi, kini beralih menjadi situs jual-beli barang preloved. Gak cuma untuk jual beli, Prelo hadir dengan pasar yang lebih beragam, termasuk untuk mereka yang punya usaha jasa titip atau jastip hingga persewaan barang. Kamu bisa mengaksesnya lewat website Prelo.co.id atau mengunduh aplikasinya dismartphone.

3. BelanjaBekas

BelanjaBekas didirikan di bawah salah satu perusahaan distributor barang elektronik, sehingga konsep awalnya fokus pada barang-barang elektronik bekas. Namun, lama kelamaan barang yang ditawarkan makin bervariasi. Ada otomotif, fesyen, hingga properti.

4. OLX

E-commerceyang berubah nama dari tokobagus.com menjadi OLX ini kian pesat pertumbuhannya. Sejak awal, OLX sudah mem-branding diri sebagai tempat jual beli barang bekas terpercaya.

Sistem yang digunakan juga sederhana dan mudah dipelajari. Barang yang tersedia di sini beragam. Mulai dari barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, sampai properti seperti rumah.

5. Tokopedia

Tokopedia.com Tokopedia masuk dalam jajaran marketplace unggulan dan terbesar di Indonesia. Meski bukan platform yang khusus menjajakan barang preloved alias bekas, tapi banyak orang yang memanfaatkan fiturnya untuk menjual barang-barang yang tak lagi terpakai. Kamu bisa menginstall aplikasi Tokopedia di Android dan iOS.

6. Jualo

jualo.com Hampir mirip dengan konsep market lainnya. Bedanya, Jualo memiliki fitur geo-search untuk mengetahui jarak pembeli yang ada di sekitar kita. Selain itu, aplikasi Jualo.com juga menyediakan beberapa pilihan bagi pembeli, seperti tukar-menukar barang hingga tawar-menawar harga.

7. Bukalapak

Seperti namanya, marketplace satu ini memang memberi kesempatan pada semua orang untuk membuka lapaknya secara online. Barang yang mau dijual bisa apa pun. Mulai dari barang baru hingga barang bekas.

Kamu sudah pernah transaksi melalui situs mana nih? Adakah yang jadi favoritmu?