Palembang terkenal dengan pempeknya yang mendunia. Mudah sekali menemukan penganan yang terbikin dari ikan-ikanan ini di daerah itu.

Sebab, hampir di setiap jalan, terdapat warung atau tempat makan pempek. Dan menariknya, hampir semua murah dan enak loh!

Nah, kali iniIDN Times punya rekomendasi tempat makan pempek di Palembang yang harus kamu coba jika sedang berkunjung ke sana. Ingin tahu di mana saja? Simak di bawah ini!

1. Pempek Lala

Pempek Lala berlokasi di Pasar 26 Ilir. Warungnya terletak di pinggir gang kecil. Terdapat warung pempek serupa di samping kanan dan kirinya.

Warung Lala menjual pempek dengan harga Rp1.000-1.500 per biji. Pempek Lala tampak sederhana. Namun, rasanya tak tertandingi. Rasa ikannya sangat kuat.

Biasanya, orang-orang membeli pempek Lala untuk oleh-oleh. Mereka menjual paketan dengan harga mulai Rp50 ribu berisi 40 butir pempek dengan jenis campur.

Namun, kita harus memesannya dulu sehari sebelumnya. Atau datang pagi-pagi. Siangan dikit, warung ini penuh pengunjung. Antreannya pun sangat panjang.

2. Pempek Candy

Pempek Candy memang lagi naik daun. Di Palembang, toko pempek Candy ini ada di mana-mana. Ada di dekat bandara, maupun di pusat-pusat kota.

Pempek candy memiliki bentuk yang kecil-kecil. Rasanya juga tak kalah gurih dengan pempek Lala. Namun, harganya sedikit lebih mahal.

Harga paket untuk oleh-oleh dibanderol mulai Rp100 ribu. Memang, pempek Candy merupakan pempek versi premium. Selain untuk oleh-oleh, umumnya orang yang datang menyempatkan diri untuk makan langsung di restonya.

3. Pak Raden

Pempek Pak Raden sudah ada sejak 1980-an. Merek pempek ini menjadi salah satu yang paling diunggulkan. Kualitas rasa pempek dan cukonya beda dari pempek lain. Pempek Pak Raden punya cita rasa khas yang dipengaruhi karena bahan bakunya tak primary-primary.

Memang, pempek Pak Raden sudah banyak franchise-nya di beberapa daerah, seperti di Jakarta. Tapi, tak ada salahnya kalau langsung ke Palembang mencicipi pempek Pak Raden. Sensasinya pasti lain.

4. Nony

Selain pempek Pak Raden, salah satu yang tersohor di Palembang adalah pempek Nony. Pempek ini lebih konvensional karena bentuknya besar-besar. Namun, rasanya tak kalah gurih dari pempek mini yang dijual di 26 Ilir atau di Candy.

Maka dari itu, makan satu pempek di Nony saja rasanya bakal mengenyangkan perut. Pempek Nony bisa ditemukan di beberapa tempat. Semisal Jalan R. Sukamto Nomor 30 ab atau di PTC lantai basement.

5. Pempek Lenny

Pempek Lenny berlokasi di Jalan Petanang Nomor 6875 C, 9 Ilir, Ilir Tim. I, Palembang. Pempek ini hampir mirip dengan pempek Nony yang berukuran cukup besar. Rasanya pun tak kalah gurih. Ikannya sangat terasa, cukonya juga punya karakter yang unik.

6. Pempek Vico

Warung pempek Vico bisa ditemui di Jalan Letkol Iskandar, 24 Ilir, Palembang. Bisa untuk bersantap di sana, bisa juga dibungkus untuk oleh-oleh.

Harga berkisar mulai Rp120 ribu per paket yang berisi 35 pempek kecil. Bisa juga dicampur dengan pempek telur besar dan pempek lenjer besar.

7. Pempek Panggang

Sebenarnya banyak yang menjual pempek panggang di Palembang. Di Pasar 26 Ilir juga dijual pempek tersebut. Namun, yang paling banyak bisa ditemukan adalah di bawah Jembatan Ampera.

Pempek panggang di sana dijual Rp2.000 per biji. Makan pempek panggang makin nikmat lantaran menikmatinya sambil melihat pemandangan Sungai Musi sebagai landmark Kota Palembang.

Selain murah, rasanya pun enak-enak. Dari tujuh pempek khas Palembang di atas, mana saja yang sudah pernah kamu cobain?