Dengan berkembangnya dunia web, khususnya di Indonesia, ternyata juga berimbas dengan semakin banyaknya e-commerce yang bermunculan. Ya, sebagian masyarakat Indonesia kini secara otomatis akan langsung mengakses e-commerce ketika membutuhkan suatu barang, dibandingkan harus mendatangi sebuah toko konvensional.

Apakah Anda adalah salah satu dari pengguna e-commerce tersebut? Mana yang menjadi favorit Anda? Diantara banyaknya aplikasi belanja online, memang membuat seseorang bingung mana tempat yang patut untuk dijadikan langganan. Padahal, perlu Anda ketahui, bahwa kualitas produk adalah tergantung dari toko yang ada pilih, bukan e-commerce yang digunakan.

Sebagai contoh, jika Anda memilih salah satu e-commerce yang terpercaya dan terbesar di Indonesia, namun ternyata mendapatkan barang yang tak berkualitas. Ini sepenuhnya bukan atas kemudian dari pihak pemilik e-commerce, namun dari pemilik tokonya sendiri.

Terlepas dari hal tersebut, beberapa aplikasi belanja online yang direkomendasikan yakni:

Shopee

Ya, e-commerce dan aplikasi yang satu ini memang tengah naik daun saat ini. Dengan menjual berbagai produk mulai dari perlengkapan bayi, fashion anak-anak dan dewasa, elektronik, kosmetik, hingga berbagai kebutuhan lainnya, Shopee memiliki metode transaksi yang lebih mudah. Selain itu, dengan beberapa promosi dan diskon yang disediakan oleh Shopee, membuat e-commerce ini lebih diminati.

Bukalapak

Ya, Bukalapak memang menjadi salah satu pasar online atau online marketplace yang paling terkenal di Indonesia. Dibuat oleh PT. Bukalapak, sebenarnya e-commerce ini sama seperti dengan situs lainnya, yakni layanan juga beli secara online melalui model bisnis shopper to shopper (C2C).

Aplikasi belanja online ini, menyediakan layanan penjualan dari konsumen-ke-konsumen melalui aplikasi yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Yang menarik dari toko ini adalah, Anda bisa menemukan barang bekas, dengan spesifikasi yang masih bagus. Tak hanya itu saja, sistem nego juga ditawarkan oleh aplikasi ini.

Lazada

Sama halnya dengan e-commerce lainnya, Lazada Indonesia ini juga berbasis aplikasi belanja online. Jadi, buyer bisa mengakses toko ini melalui ponsel dimanapun berada. Sedangkan untuk produk yang dijual tentu sangat lengkap, mulai dari perlengkapan bayi, fashion dewasa dan anak-anak, hingga peralatan rumah tangga.

Didirikan sejak tahun 210, Lazada Indonesia tengah menarik hati masyarakat. Hal ini karena, sistem penjualannya lebih mudah, bahkan menghadirkan fitur bayar tempat pada beberapa produk dan toko.

Kaskus

Kaskus sebenarnya lebih dikenal sebagai forum diskusi online. Namun kini Kasus telah menghadirkan aplikasi belanja online dengan FJB Kaskus. Jadi disini Anda nantinya akan bertemu dengan pengguna Kaskus lainnya untuk saling menawarkan suatu barang atau jasa. Bila diibaratkan, Kaskus ini seperti pasar tradisional yang dikemas secara online.

Tokopedia

Tokopedia juga bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi Anda untuk berbelanja. Dengan berbasis mobile, Anda bisa menjangkau aplikasi ini dengan sangat mudah. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga sangat tepat digunakan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ataupun perorangan. Sebab sistemnya memang sangat mudah.

Tak hanya itu saja, bahkan Tokopedia ini berhasil mencetak sejarah dalam dunia bisnis online sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang mampu menerima dana investasi hingga sebesar USD 100 juta atau jika dikurskan sekitar Rp 1,2 Triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.

Tokobagus

Dengan nama awal Tokobagus, OLX Indonesia ini merupakan situs web iklan baris yang mengutamakan penjualan barang dan jasa. Bahkan di aplikasi belanja online ini tersedia barang bekas, namun masih layak untuk digunakan. Tal hanya itu saja, OLX ini pun juga menjadi sarana untuk mencari lowongan pekerjaan, sebab banyak instansi yang mengiklankan lowongan pekerjaan di e-commerce ini.

Blibli

Apakah Anda pengguna e-commerce Blibli? Ya, e-commerce terbesar di Indonesia ini, menyediakan berbagai produk secara lengkap mulai dari elektronik, kosmetik, fashion hingga peralatan rumah tangga.

Didirikan oleh PT Global Digital Niaga atau anak perusahaan dari Djarum ini, telah ada sejak 2010 lalu. Bahkan Blibli ini telah bekerja sama dengan teknologi supplier kelas dunia, bahkan telah bekerjasama dengan beberapa pihak penting seperti mitra logistik, banking associate dan service provider companion dengan standar tertentu. Hal ini agar mampu menciptakan sistem back-end sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Tomo Fastpay

Toko Modern Fastpay atau sering disebut Tomo Fastpay merupakan layanan e-commerce yang menyediakan puluhan ribu pilihan produk kebutuhan rumah tangga paling mudah. Mengusung sistem O2O (Online to Offline), pembeli Tomo Fastpay dapat dengan mudah mencari produk yang ingin dibeli secara online melalui aplikasi maupun web, kemudian dapat membayar secara cash ke loket atau mitra Fastpay. Dengan cara seperti ini, tentu saja memudahkan pembeli agar tak perlu repot ke ATM, maupun pusing dengan metode pembayaran yang bisa jadi membuat pusing kepala. Tomo Fastpay sedang banyak digandrungi masyarakat terutama yang tinggal di pedesaan karena dianggap lebih simpel dan mudah.

Menariknya, siapapun bisa menjadi mitra Tomo Fastpay dan melakukan promosi penjualan barang online ke siapa saja, dan akan mendapatkan benefit berupa bonus saldo, voucher belanja tambahan, dan masih banyak diskon maupun promo lainnya. Tentu saja sangat menguntungkan bukan?

Dari semua e-commerce atau aplikasi online tersebut, maka yang jadi pilihan Anda? Ingat! Bahwa penipuan sebenarnya dilakukan oleh pihak penjual, bukan pihak pemilik e-commerce. Dalam hal ini, Jika Anda berbelanja secara online, pastikan teliti toko lebih dahulu. Atau untuk memastikan produk sesuai, lihatlah ulasan pengguna yang telah membeli sebelumnya.