Bingung dengan tumpukan pakaian yang tak terpakai tapi masih bagus? Punya banyak barang preloved tapi tidak tahu mau jual barang bekas dimana? Beberapa tempat jual barang bekas ini bisa jadi pilihan yang menarik, lho!

Beberapa dekade ke belakang, mungkin pilihan tempat jual barang bekas yang ada hanya pasar loak atau toko barang bekas. Dengan kemajuan teknologi yang pesat dan zaman yang sudah modern, kita sekarang bisa menemukan banyak tempat jual barang bekas online.

Tapi, tentu saja tidak semua situs jual beli barang bekas menjanjikan, ya! Jika tidak pintar memilih dimana tempat jual barang bekasnya, barang preloved yang masih bagus dan dijual dengan harga miring sekalipun akan sulit menemukan pembeli.

Nah, baca terus artikel panduan ini untuk rekomendasi situs jual beli barang bekas populer yang bisa membuat barang preloved kamu cepat laku!

Apa itu Preloved dan Tren Situs Jual Beli Barang Bekas

Untuk kamu yang familiar dengan tempat jual barang bekas, pasti familiar juga dengan apa itu preloved. Namun, mungkin sebagian juga masih bingung apa itu preloved dan apa bedanya dengan barang bekas. Dari segi bahasa, preloved adalah barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan.

Jadi, apa itu berarti preloved sama dengan barang bekas? Jawabannya adalah iya. Barang preloved adalah istilah yang digunakan untuk mempercantik istilah barang bekas atau barang loak yang terlanjur memiliki konotasi negatif.

Tren jual beli barang bekas atau barang preloved secara online di Indonesia sudah mulai ramai semenjak beberapa tahun lalu. Hal ini didorong oleh tren belanja online yang semakin meroket, membuat fungsi pasar loak yang adalah tempat jual barang bekas jadi tergeser.

Meski demikian, sebagian orang memaknai apa itu preloved sebagai barang bekas yang berkualitas atau bermerek. Sehingga barang preloved cenderung dijual dengan harga yang lebih tinggi dari barang bekas pada umumnya. Lalu, dimana tempat jual barang bekas berkualitas bagus ini?

Situs jual beli barang bekas sungguh mendukung kegiatan ini. Sebagai penjual, kamu dapat menjual barang preloved yang sudah tak terpakai namun kualitasnya masih bagus. Sebagai pembeli, kamu bisa mendapatkan barang preloved bermerek dan berkualitas bagus dengan harga miring.

7 Tempat Jual Barang Bekas Online Populer

Sekarang, kamu tidak perlu lagi bingung mau jual barang bekas dimana. Pasar loak tentunya bukan pilihan paling efektif dan efisien, kan? Di jaman yang sudah serba modern ini, kita bisa memanfaatkan tempat jual barang bekas online yang menawarkan banyak kemudahan.

1.Corousell

Situs jual beli barang bekas yang pertama ini paling populer di kalangan wanita. Barang bekas online yang paling banyak dicari di sini adalah produk fashion wanita dari mulai pakaian hingga tas juga kosmetik termasuk makeup dan skincare.

Jadi, jika kamu bingung mau jual barang bekas dimana karena punya setumpuk baju preloved, atau jika kamu keliru membeli make-up dan ingin segera menjualnya lagi, kamu tahu harus jual barang bekas online dimana, kan?

Situs jual beli barang bekas ini sendiri merupakan perusahaan dari Singapura. Tampilan aplikasinya yang sederhana dan user friendly membuat Carousell banyak diminati. Fiturnya juga lengkap untuk mempermudah kegiatan jual beli barang bekas online.

Dari mulai memotret barang preloved, mengedit fotonya sehingga nampak lebih menarik, hingga mengunggah iklan jual barang bekas online setelah mengisi type iklan seperti merek, harga, dan deskripsi barang preloved. Tempat jual barang bekas ini menjanjikan, bukan?

2.OLX

Jika sebelumnya Corousell lebih populer di kalangan wanita, tempat jual barang bekas online yang satu ini konsumennya lebih umum. Barang bekas online yang dicari juga lebih beragam dari mulai barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga otomotif dan properti.

OLX bukan situs jual beli barang bekas yang baru. Sebelumnya, situs jual beli online ini menggunakan nama Tokobagus, namun selanjutnya berubah menjadi OLX yang berhasil mem-branding dirinya sebagai situs jual beli barang bekas terpercaya.

3.Prelo

Situs jual beli online Prelo pada awalnya merupakan situs online yang menjual barang khusus wanita. Namun, seiring berjalannya waktu, Prelo menjadi populer digunakan untuk jual beli barang preloved. Pasarnya pun juga beragam, tidak khusus wanita saja.

Barang second yang banyak dicari di situs jual beli barang bekas ini antara lain kosmetik, pakaian, sepatu, aksesoris, barang elektronik, hingga alat dapur sekalipun! Menariknya juga, selain jadi tempat jual barang bekas online, Prelo memiliki fitur jasa titip untuk barang yang belum tersedia di penjual.

4.Jualo

Tempat jual barang bekas online ini konsepnya mirip dengan market pada umumnya. Namun, Jualo memiliki fitur geo-search dimana para penggunanya bisa mengetahui jarak antara penjual dan pembeli yang berada di space sekitar.

Selain itu, untuk mempermudah jual barang bekas online, Jualo menyediakan beberapa fitur tambahan seperti fitur barter (tukar menukar barang) hingga fitur tawar menawar harga.

5.Kaskus

Tempat jual barang bekas online yang satu ini jadi salah satu yang melegenda di Indonesia. Banyak orang yang melakukan jual beli barang bekas online di sini.

Kaskus sendiri awalnya adalah discussion board diskusi yang penggunanya berasal dari berbagai macam kalangan dan umur. Dan karena bukan situs jual beli resmi seperti e-commerce lainnya, transaksi di sini lebih kepada sistem kepercayaan saja.

Tapi jangan khawatir, karena kini Kaskus sudah menyediakan fitur dan fasilitas layaknya market atau e-commerce. Sehingga ini bisa jadi pilihan tempat jual barang bekas yang aman buat kamu.

6.Bukalapak

Tempat jual barang bekas berikutnya adalah Bukalapak. Seperti namanya, situs jual beli barang bekas ini memberikan kesempatan pada setiap orang untuk membuka lapak dagangannya masing-masing.

Meskipun tidak spesifik menjual barang preloved, Bukalapak populer digunakan sebagai tempat jual barang bekas online. Dari mulai alat elektronik, hingga keperluan hobi seperti alat musik dan kerajinan tangan bisa kamu temukan pasarnya di sini.

Situs jual beli online Bukalapak ini sendiri berdiri pada tahun 2011 dan sudah berkembang pesat berkat penggunanya yang semakin banyak. Saat ini, statusnya sudah merupakan kelas “unicorn” yang berarti sudah memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

7.Shopee

Nah, satu lagi situs jual beli online atau market yang meski bukan spesifik digunakan untuk jual barang bekas, tetap populer dan semakin diminati banyak orang. Shopee ini merupakan marketplace kebanggaan negeri, lho!

Shopee masuk ke jajaran startup paling sukses di Indonesia sampai mulai merambah ke beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Taiwan.

Kamu bisa menjadikan Shopee sebagai tempat jual barang bekas online yang menjanjikan karena pasarnya sangat luas dan beragam. Semua barang bisa dicari dan didapatkan di situs jual beli barang bekas online ini.

Itu dia cara jual barang preloved yang paling mudah. Banyak pilihan tempat jual barang bekas online yang bagus, kan?

Semoga artikel panduan ninety nine.co Indonesia ini membantu kamu yang bingung memilih tempat untuk jual barang bekas, ya!